FOKUS

Bantah Blokir IndoXXI, Menkominfo: Saya Tidak Pernah Tutup IndoXXI

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Johnny G Plate mengaku bahwa pemerintah tidak secara langsung memblokir laman video streaming ilegal IndoXXI.

Saat menghadiri acara Kominfo Connect di Ecovention Ancol, Jakarta pada Kamis (30/1), Johnny sempat menyinggung masalah IndoXXI.

“Kalau ngomong IndoXXI, saya tidak pernah tutup, Kominfo belum pernah blokir,” ujar Johnny dalam sambutannya di Kominfo Connect di Ecovention, Ancol, Jakarta, Kamis (30/1).

Situs streaming ilegal tersebut seringkali diburu para pengguna internet untuk menonton film lama maupun yang terbaru secara gratis.

Situs tersebut dinilai melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pemerintah pun langsung memburu domain-domain yang berkaitan dengan situs serupa lainnya.

Lebih lanjut, Johnny juga mengungkapkan bahwa pihak video streaming tersebut memiliki kesadaran sendiri untuk menutup situsnya terkait masalah legalitas.

“IndoXXI menutup dirinya sendiri, jangan disinformasi,” kata Johnny.

Situs video streaming IndoXXI mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menyediakan layanan video streaming mulai 1 Januari 2020. Pengumuman itu dibagian oleh IndoXXI secara resmi melalui situsnya.

Beberapa hari kemudian setelah penutupan video streaming ilegal itu, Kominfo mengumumkan sebanyak 1.745 situs ditutup aksesnya oleh pemerintah.

Ribuan situs tersebut terjaring dari 2017 hingga puncaknya akhir 2019, di mana pada Desember kemarin ada 534 situs streaming film bajakan yang diblokir.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait