FOKUS

Bantah Kekerasan ke Uighur, Xi Jinping: Di Xinjiang Rakyat Berbahagia

BEIJING (Tandaseru) – Presiden China Xi Jinping mengatakan sudah tidak ada lagi kekerasan terhadap etnis Uighur di Xinjiang.

Jinping mengetakan tingkat kebahagiaan di antara semua kelompok etnis di wilayah barat Xinjiang meningkat. China berencana untuk terus mengajarkan penduduknya pandangan yang benar tentang negara tersebut.

“Keamanan di antara orang-orang dari semua kelompok etnis (di Xinjiang) terus meningkat,” kata Xi dalam konferensi Partai Komunis yang berkuasa di Xinjiang yang diadakan pada 25-26 September.

Laporan kantor berita pemerintah China, Xinhua, melaporkan pada Sabtu (26/9) malam Xi mengatakan penting untuk mendidik penduduk Xinjiang tentang pemahaman bangsa China.

Pemerintah perlu membimbing semua kelompok etnis dalam membangun perspektif yang benar tentang negara, sejarah, dan kebangsaan.

China berada di bawah pengawasan global atas perlakuannya terhadap Muslim Uighur dan klaim dugaan pelanggaran kerja paksa di Xinjiang. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutip laporan yang kredibel menyatakan satu juta Muslim yang ditahan di kamp-kamp telah dipekerjakan secara paksa.

Beijing pun telah berulang kali membantah memperlakukan orang Uighur dengan buruk dan mengatakan kamp-kamp itu adalah pusat pelatihan kejuruan yang diperlukan untuk mengatasi ekstremisme. Pemerintahan Xi menuduh pasukan anti-China mencoreng kebijakan Xinjiang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait