FOKUS

Bareskrim Polri Segera Rampungkan Berkas Perkara Kasus Surat Jalan dan Penghapusan Red Notice Djoko Tjandra

JAKARTA (tandaseru) – Penyidik Bareskrim Polri berencana merampungkan berkas perkara kasus surat jalan palsu dan penghapusan red notice Djoko Tjandra pada pekan ini untuk bisa dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Rencananya minggu ini diupayakan oleh penyidik untuk bisa selesai dan kita doakan semoga minggu ini bisa tahap satu selesai berkas langsung kita serahkan, kita kirimkan ke Kejaksaan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, kepada wartawan, Rabu (2/9).

Awi menyampaikan, penyidik rencananya akan melimpahkan berkas perkara tersebut ke Kejaksaan pada Kamis (3/9) besok. Namun, terkait pelaksanaannya akan disampaikan lebih lanjut.

“Terkait dengan pengiriman berkas perkara ke Kejaksaan tentunya akan kita sampaikan kepada rekan-rekan wartawan. Rencananya sih antara Kamis dan Jumat, nanti kita lihat pelaksanaannya,” ujar Awi.

Perkara kasus surat jalan palsu alias surat sakti yang diterbitkan oleh eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prastijo Utomo untuk Djoko Tjandra ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri.

Sejauh ini, penyidik telah menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya, yakni Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dan Prasetijo.

Sedangkan perkara kasus penghapusan red notice Djoko Tjandra ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor) Bareskrim Polri. Dalam perkara tersebut penyidik telah menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka tersebut, yakni Djoko Tjandra, eks Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Napoleon Bonaparte, Prasetijo, dan Tommy Sumardi.

Penyidik menetapkan Djoko Tjandra dan Tommy sebagai tersangka pemberi gratifikasi atau suap. Sedangkan, Napoleon dan Prastijo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap.

“Ada barang bukti berupa uang 20 ribu USD, surat, HP, laptop, dan CCTV,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (14/8).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait