FOKUS

Bebas Truk ODOL, Kemenhub Gelar Razia di Ruas Tol Tanjung Priok

JAKARTA (tandaseru) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai menjalankan komitmennya dalam penertiban truk Over Dimension Over Load (ODOL), pada Senin (9/3) di Jalan Tol Tanjung Priok hingga Bandung. 

Penertiban ini merupakan komitmen awal sebelum program Zero ODOL yang akan resmi berlaku pada 1 Januari 2023 mendatang.

Adapun pemberlakuan bebas truk ODOL, dilakukan di ruas jalan tol dari Tanjung Priok hingga Bandung termasuk tol JORR 1 dan 2.

Razia ini dihadiri oleh pejabat dari Kemenhub, Korps Lalu Lintas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT), dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, mengatakan aksi ini menjadi pembuktian kepada operator logistik terkait keseriusan pemerintah memberantas ODOL yang jadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas.

“Ini saatnya mulai membuktikan kepada operator logistik, kita serius. Kakorlantas Polri, BPTJ, dan BPJT sebagai komitmen dan kesuksesan kita, mulai hari ini turun ke lapangan,” kata Budi, seperti dilansir dari Antara.

Truk yang kedapatan menyalahi aturan bakal ditindak, dan ditempeli stiker peringatan bahaya ODOL. Rencananya, Kemenhub juga bakal melakukan operasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk per 1 Mei 2020.

Diketahui, sebelumnya Kemenhub menginginkan program itu berlaku pada 2021, namun Kementerian Perindustrian meminta ditunda sampai 1 Januari 2023 mendatang.

Budi juga pernah menyinggung perbedaan muatan Over Dimension dengan Over Load. Untuk kendaraan Over Dimension pemerintah tidak akan ada toleransi.

Namun, kendaraan yang Over Loading masih diberikan toleransi yang meliputi semen, kaca, baja, keramik, hingga air minum dalam kemasan.

Terkait dengan normalisasi kendaraan, petugas juga sudah dilengkapi dengan alat yang secara langsung mendeteksi kendaraan berdimensi lebih.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id