FOKUS

Begini Cara Dirjen Dukcapil Jelajah Daerah Saat Libur Nasional

SULTRA (tandaseru.id) – Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh sering kerja lembur sebagai pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada bangsa dan negara.

Karena itu, meski pada 2 April lalu adalah hari libur nasional, Zudan tetap melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). “Menjadi dirjen dukcapil itu tak ada liburnya, harus siap kerja 24 jam 7 hari seminggu,” ujar Zudan ujarnya seperti dikutip dari sebuah media getar.id, Jumat (2/4).

Bagi Zudan, wilayah kerjanya yang sangat luas, yakni membawahi dinas dukcapil seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia, membuat kesibukannya yang sangat padat.

“Pandemi tidak mengurangi intensitas kerja. Bahkan terus meningkat karena kerja-kerja banyak beralih ke aktivitas virtual,” papar Guru Besar Hukum Administrasi Negara tersebut.

Kegiatan kunjungan kerja ke daerah tetap dilakukan meski dengan intensitas yang jauh berkurang mengingat pandemi covid 19 ini. Kunker pun dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Di Sultra misalnya, dalam dua hari dimanfaatkan Zudan untuk melakukan koordinasi sekaligus mengecek langsung pelayanan Administrasi Induk (Adminduk) di kantor Didukcapil.

Misalnya, pada Jumat pagi, Zudan memberikan arahan kepada para Kadis Dukcapil se-Sultra di kantor Dukcapil Provinsi Sultra. “Kawan-kawan semua para kadis, apa yang diamanatkan kepada kita semua, laksanakan. Apa itu? Lakukan kerja dan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif, dan maksimal,” Zudan mengawali arahannya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com