FOKUS

Begini Kondisi Terkini China di Tengah Gelombang Kedua Virus Corona

BEIJING (Tandaseru) – Otoritas Kesehatan China mengklaim penyebaran virus corona gelombang kedua di negaranya mulai terkendali.

China kembali mengizinkan sejumlah fasilitas umum dan publik dibuka, misalnya salon. Berbeda dengan China, Korea Selatan masih berjibaku menghadapi virus asal Wuhan terebut. Kasus masih tinggi di negeri ginseng sejak kebijakan pembatasan sosial dilonggarkan.

Dilansir Reuters, Minggu (28/6), di Beijing tidak ada kasus baru setelah ibu kota tersebut membuka kembali toko kecantikan dan pangkas rambut. Hal ini menunjukkan gelombang baru wabah virus corona yang baru-baru ini muncul kembali sudah berhasil dikendalikan.

Sebelumnya pemerintah kota Beijing sudah menutup sementara pasar segar, tempat yang diduga menjadi pusat wabah di ibu kota tersebut.

Mereka juga menutup kembali sekolah-sekolah dan sebagian pemukiman. Semua orang yang ingin meninggalkan Beijing harus diperiksa Covid-19 terlebih dahulu dan hasilnya pun harus negatif.

Pada Festival Perahu Naga yang berakhir pada Sabtu (27/6) ada puluhan ribu warga China yang melakukan perjalanan. Meski demikiana, otoritas tidak melaporkan wabah terbaru.

Sementara itu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korsel (KCDC) melaporkan 40 kasus baru infeksi virus corona tertular di dalam negeri sementara 22 kasus lainnya dari luar negeri.

Jumlah kasus baru di pemukiman padat penduduk di metropolitan Seoul kebanyakan terjadi di klub-klub malam, gereja, gudang e-commerce besar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait