FOKUS

Belum Siapkan Anggaran Covid-19, Presiden: Menkeu dan Mendagri Tegur Daerahnya

JAKARTA (tandaseru) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan saat ini beberapa daerah yang Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD)-nya masih business as usual.

“Jadi saya minta Menteri Dalam Negeri, saya minta Menteri Keuangan agar mereka ditegur. Ada 103 daerah yang belum menganggarkan jaring pengaman sosial,” ujar Presiden.

Dia mengatakan hal itu saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (ratas) mengenai refocusing dan realokasi anggaran, kemudian juga kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal 2021, Selasa (14/4).

Jokowi mengatakan menyampaikan ada 140 daerah yang belum menganggarkan penanganan dampak ekonomi dan bahkan ada 34 daerah yang belum menyampaikan data anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Artinya ada di antara kita yang masih belum memiliki respons dan belum ada feeling dalam situasi yang tidak normal ini,” tutur Presiden.

Kepala Negara juga meminta Mendagri dan Menteri Keuangan membuat pedoman bagi daerah-daerah untuk melakukan realokasi dan refocusing anggaran serta kegiatan-kegiatan yang ada.

“Sehingga Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah memiliki satu visi, memiliki prioritas yang sama untuk bersama-sama mengatasi penyebaran Covid-19,” imbuh Presiden.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait