FOKUS

Bentuk Timsus Penindak, Polda Metro Gandeng Komunitas Ojol untuk Tegakan Disiplin Protokol Kesehatan

JAKARTA (tandaseru) – Polda Metro Jaya bersama TNI serta Pemprov DKI Jakarta membuat tim khusus (timsus) penindak bagi pelanggar aturan protokol kesehatan dengan menggandeng 80 komunitas pengemudi ojek online (Ojol).

Timsus penindak itu dilaunching dengan dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung di Polda Metro Jaya, Jakarta pada Rabu (23/9).

“Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 pada masa PSBB pengetatan, Polda Metro Jaya membentuk penegak disiplin berbasis komunitas berbasis ojek online,” kata Nana dalam sambutannya di Polda Metro Jaya, Rabu (23/9).

Timsus ini dibentuk sebagai upaya penegakan disiplin ptotokol kesehatan agar memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya para pengemudi ojek online di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi.

“Hari ini dilaksanakan launching penegak disiplin berbasis komunitas ojol sebanyak 80 komunitas dengan jumlah pengendara ojol sebanyak kurang lebih 10 ribu orang. Sebanyak 100 orang yang akan melakukan penegakan disiplin terhadap komunitas ojol di Jabodetabek,” ucapnya.

Seperti diketahui, Sebelumnya, Pemprov DKI mencabut kebijakan penerapan Pembatasan Sosial Bersakal Besar (PSBB) masa transisi mejadi PSBB total sebagai langkah rem darurat terkait penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19).

Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yakni ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tingkat kematian yang tinggi.

Dalam penerapannya, dibentuk Satgas Operasi Yustisi pendisiplinan aturan protokol kesehatan yang digelar delapan titik itu antara lain Pasar Jumat perbatasan Tangerang, Jalan Perintis Kemerdekaan Perbatasan Bekasi, Kalimalang, Kalideres, Tugu Tani, Asia Afrika, Bundaran HI, dan Semanggi.

Tak hanya itu, operasi juga dilakukan secara mobile dengan cara patroli oleh personel gabungan. Ada 6.800 personel gabungan yang dikerahkan dalam operasi yang digelar selama 24 jam ini.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait