FOKUS

Berdamai Dengan Corona, BUMN Siapkan Skenario the New Normal

JAKARTA (tandaseru) – Sejumlah BUMN mulai menyusun skenario ‘the New Normal’ di lingkungan kerja masing-masing guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Skenario ini akan menjadi standar baru agar operasional tetap berjalan di tengah pandemi yang belum dipastikan kapan berakhir.

BUMN yang telah mengumumkan antisipasi scenario the New Normal, antara lain PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC dan PT Angkasa Pura II (Persero), dua BUMN yang merupakan pengelola pelabuhan dan bandara terbesar di Indonesia.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengungkapkan, secara formal, IPC sedang menyusun timeline pelaksanaan skenario the New Normal terkait dengan keamanan dan kesehatan, baik untuk pekerja, mitra komersial, dan seluruh pemangku kepentingan pelabuhan.

Skenario new normal itu mengacu pada arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di wilayah kerja Perseroan. IPC juga memastikan bahwa layanan terus berjalan dengan baik di seluruh lini pelabuhan.

“Untuk memastikan operasional tetap berjalan, IPC menyiapkan pengaturan deployment yang efektif di seluruh terminal, sehingga setiap kapal dapat terlayani sesuai dengan jadwal kedatangannya tanpa terganggu adanya pembatasan aktivitas masyarakat dengan tetap menjalankan protokol Covid-19,” kata Arif, Selasa (19/5).

Pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki kantor IPC. (IPC)

Sementara itu, Angkasa Pura II telah membentuk Task Force Penanganan Covid-19, dan segera merumuskan Protokol Penanganan Covid-19 terkait tiga aktivitas kebandarudaraan yaitu Operasional, Pelayanan dan Komersial, selain juga proses bisnis di internal misalnya keputusan karyawan bekerja dari rumah atau kantor.

“Sesuai arahan Menteri BUMN, setiap BUMN termasuk Angkasa Pura II diminta mempersiapkan protokol guna mengantisipasi the New Normal di tengah Covid-19 sejalan dengan bidang usaha masing-masing,” kata Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Minggu (17/5).

Lebih lanjut, dia mengatakan protokol the New Normal di lingkungan kebandaraan akan lebih mengedepankan layanan dengan teknologi informasi dan memperhatikan physical distancing.

Misalnya, personel Angkasa Pura II di bandara akan dilengkapi seragam khusus atau APD, kemudian sistem biometrik bisa saja digunakan kaitannya dengan pelayanan, keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Lalu kepada maskapai dan penumpang akan diarahkan untuk lebih menggunakan self check in kiosk, mobile check in dan web check in, dibandingkan dengan datang ke konter check in,” ujarnya.

Protokol the New Normal juga akan menyentuh aktivitas tenant komersial misalnya adanya kewajiban bagi tenant untuk menyediakan hand sanitizer, dan diarahkan untuk menerapkan transaksi secara nontunai (cashless) menggunakan kartu atau dompet elektronik, serta menerapkan prosedur physical distancing.

Awaluddin menuturkan timeline implementasi protokol The New Normal ini akan diajukan kepada Kementerian BUMN pada 25 Mei 2020.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I (Persero)/Angkasa Pura Airports jgua siap mengikuti arahan Menteri BUMN Erick Tohir yang tertuang dalam Surat Nomor : S-336/MBU/05/2020 untuk mulai menyusun Pedoman Kesehatan Covid-19 untuk situasi the New Normal di 15 bandaranya.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi mengatakan, melalui gerakan bersama #CovidSafeBUMN, Angkasa Pura Airports optimistis BUMN dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menyongsong dan menjalani era baru the New Normal ke depannya.

“Angkasa Pura I sedang menyusun Pedoman Kesehatan Covid-19 dan timeline pelaksanaan skenario new normal terkait keamanan dan kesehatan, baik untuk penumpang, publik, mitra komersial, maskapai, kargo dan seluruh pemangku kepentingan bandara dengan tetap mencakup aspek manusia, cara kerja, hubungan pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya yang mengacu pada arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan PSBB yang berlaku di wilayah kerja perseroan,” kata Faik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait