FOKUS

Berhasil Lakukan Perekaman e-KTP 100 Persen, Mendagri Janji Beri Penghargaan

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian berjanji akan memberikan penghargaan untuk pemerintah daerah (Pemda) yang berhasil melakukan perekaman e-KTP 100 persen.

“Saya akan memberikan penghargaan entah apapun penghargaanya itu nanti,  apakah dalam bentuk Anjungan Dukcapil Mandiri, atau surat keterangan atau surat piagam, apresiasi bahkan juga akan berpengaruh dalam promosi jabatan rekan-rekan kepala dinas,” tandasnya.

Dengan kemudahan- kemudahan tersebut, Mendagri berharap masyarakat yang memiliki hak pilih mendapatkan dan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, semakin tinggi tingkat partisipasi pemilih, maka legitimasi calon kepala daerah akan semakin kuat. Maka dari itu, Ia meminta agar pihak penyelenggara tetap mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka.

Mendagri mengingatkan agar tidak terjadi kerumunan massa saat melakukan perekaman KTP-el Dukcapil. Ia juga mengajak satuan keamanan untuk mengawal dan melakukan monitoring harian, sehingga perekaman e-KTP selama 14 hari ke depan berjalan tertib dengan penerapan protokol kesehatan.

“Saya juga nanti minta monitoring harian selama lebih kurang 13/14 hari kedepan. Monitoring harian di daerah-daerah ini dengan melibatkan Satpol PP, untuk mengatur agar tidak terjadi kerumunan yang tidak bisa tertib, atur jaga jarak dan mereka pakai masker, sehingga proses perekaman dapat berlangsung dengan mengindahkan protokol Covid-19,” kata Mendagri.

Rapat yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Secara virtual dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Provinsi/Kabupaten/Kota khusus yang diundang adalah daerah yang menyelenggarakan Pilkada, Ketua KPUD Provinsi/Kab/Kota, Ketua Bawaslu Provinsi/kab/Kota, Kepala Bagian (Kaban) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi/Kab/Kota, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi/Kab/Kota.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com