FOKUS

Berkas Perkara Tahap Pertama Kasus Kebakaran Kejagung RI Rampung, Bareskrim Limpahkan ke Kejaksaan

JAKARTA (tandaseru) – Penyidik gabungan Polri telah merampungkan berkas perkara tahap pertama kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI. Berkas tersebut telah dilimpahkan ke kejaksaan pada Kamis (12/11).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo. Dia menyebut berkas yang selesai merupakan berkas dari tersangka kelompok pekerja.

“Haru ini tim penyidik gabungan melakukan koordinasi dengan jaksa peneliti dan pengiriman berkas perkara tahap satu dari kelompok pekerja,” kata Ferdy kepada wartawan, Jumat (13/11)

Selain itu, Polri hari ini masih memeriksa sejumlah saksi terkait dalam kasus tersebut. Beberapa saksi itu mulai dari Karo Perencanaan tahun 2019 Kejagung, ahli dari Ikatan Arsitek Indonesia, peminjam bendera PT APM dan dua orang saksi dari pengawas cleaning servis Kejagung.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi di salah satu gedung di Kejaksaan Agung Jakarta pada Sabtu (22/8/2020) sekitar pukul 19.00 WIB. Gedung yang terbakar merupakan gedung Bagian Kepegawaian Kejaksaan Agung dan terbakar selama 11 jam lamanya.

Dalam kasus ini polisi sudah menetapkan delapan orang sebagai tersangka mulai dari tukang bangunan, Direktur Utama PT Arkan APM dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kejagung. Mereka dikenakan Pasal 188 KUHP karena kelalaiannya.

Usut demi usut kasus kebakaran hebat ini ternyata bermula dari tukang bangunan yang merokok ditempat yang mudah terbakar. Ditambah lagi cairan pembersih lantai bermerek Top Cleaner yang digunakan di Gedung Kejagung ternyata memiliki bahan yang mudah menyulut api dan tidak memiliki izin edar.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com