FOKUS

Bersaing Sengit di Final! Ini Enam Finalis Barista di ICE 2020

JAKARTA (tandaseru) – Kompetisi barista Indonesia Barista Championship (IBC) yang digelar dalam Indonesia Coffee Events (ICE) 2020 memasuki babak final, Sabtu (15/2).

IBC kali ini diikuti 39 peserta dan telah menjaring enam finalis untuk berlaga di babak final yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Semua finalis yang lolos merupakan barista-barista andal dari seluruh Indonesia, dan menjadi yang terbaik dalam menghadapi dua babak sengit sebelumnya.

Peraturan dan Ketentuan IBC 2020 ini mengacu pada dokumen 2020 World Barista Championship Official Rules and Regulations.

Para barista bertanding dalam tiga babak, yakni babak pertama diikuti semua peserta, babak semifinal diikuti 12 peserta dengan nilai tertinggi, dan terakhir babak final yang akan diikuti enam peserta.

Pada setiap babak, peserta harus menyajikan tiga jenis kopi, yakni espresso, milk beverage dan signature beverage.

Tiap peserta diberikan waktu 15 menit untuk persiapan, 15 menit untuk perlombaan, serta 7 menit untuk membersihkannya.

Tak hanya itu paham cara membuat kopi, kemampuan seorang barista juga akan diperlihatkan dalam mempresentasikan kopi buatannya kepada para juri, seperti pengetahuan tentang asal biji kopi harus mereka kuasai.

Babak Final

Salah satu dari keenam finalis, Mikael Jasin (PT Republik Kopi Nasional) sekaligus juara bertahan IBC 2019 kembali lolos ke babak final.

Dia sempat mewakili Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC) dan menduduki peringkat empat pada 2019 lalu.

Adapun kelima finalis lainnya, yaitu Josaphat Jakabramasta (PT. Republik Kopi Nasional), Raymond Ali (Luthier Coffee), Kelvin Situmorang (PT. Kopi Utama Indonesia), Arief Rachman (Visma Coffee), dan Cindy Marta (Shoot Me in The Head).

Mereka akan bersaing untuk mewakili Indonesia diajang World Barista Championship (WBC) 2020 di Melbourne, Australia yang akan dihelat pada Mei mendatang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait