FOKUS

Bikin Heboh, Polda Jabar Selidiki dan Dalami Kelompok Sunda Empire

BANDUNG (tandaseru) – Polda Jabar tengah menyelidiki keberadaan kelompok Sunda Empire yang viral di media sosial dan sejumlah media mainstream setelah kasus Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso menyatakan saat ini penyelidikan tengah dilakukan oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar. Pihaknya belum bisa menjelaskan secara lengkap terkait kelompok Sunda Empire ini.

“Jajaran Ditreskrimum Polda Jabar sedang melakukan pendalaman dan penyelidikan,” kata Erlangga, Minggu (19/1).

Sunda Empire-Earth Empire bikin heboh. Dalam tayangan video yang beredar di YouTube, seorang pria yang mengaku salah satu petinggi Sunda Empire menyebutkan kelompoknya terdiri beranggota 54 negara. Kelompok ini juga mengklaim sebagai kekaisaran matahari.

Menurut dia, Sunda Empire-Earth Empire ini terbagi menjadi enam wilayah. Pertama ada Sunda Atlantik, Bandung sebagai tera cop diplomatik dunia. Sunda Empire juga sesumbar bahwa pemerintahan dunia dikendalikan dari Bandung.

“Kedua, Sunda Nusantara adalah tatanan negara dan dimulai dari benua Australia, Papua New Guinea, Indonesia di dalamnya. Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam benua Cina seluruhnya. Mongolia, kemudian Rusia di dalamnya dari beberapa negara kemudian Jepang. Kemudian sampai ke Korea Selatan dan Korea Utara. Kurang lebih Sunda Nusantara meliputi 54 negara di dunia,” tutur pria tersebut.

Sementara itu, sebelumnya heboh Keraton Agung Sejagat di Purworejo, polisi telah menangkap Raja Toto Santoso (42) dan Permaisuri Fanni Amidania (41). Toto dan Fanni telah ditetapkan sebagai tersangka dan dikenai pasal tentang Penipuan dan Perbuatan Onar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait