FOKUS

Cegah Anemia Dengan Rutin Mengonsumsi 4 Buah dan Sayuran Kaya Zat Besi

JAKARTA (tandaseru.id) – Penyebab anemia adalah kekurangan nutrisi berupa zat besi. Zat besi yang bertanggung jawab terhadap banyak fungsi tubuh. Sebab itu, pentingnya mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang dapat mencegah anemia.

Sumber zat besi yang populer dan jadi pilihan banyak orang adalah daging, jeroan, ikan, dan kerang-kerangan.

Namun bagi Anda para vegetarian atau vegan, Anda tetap bisa mendapatkan asupan zat besi dari sumber nabati seperti buah dan sayur.

Lalu apa asupan zat besi dari sayuran dan buah? Simak ulasannya berikut ini.

Buah dan Sayuran yang Dapat Mencegah Anemia

Prune

Menurut Food and Agriculture Organization of the United Nasions, prune atau plum yang dikeringkan dapat membantu mengatasi sembelit karena memiliki efek pencahar ringan. Prune juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Mengonsumsi secangkir plum mengandung sekitar 3 mg zat besi atau 17 persen dari kebutuhan harian. Jus prune juga kaya akan serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, hingga mangan.

Zaitun

Tahukah Anda, buah zaitun merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Zaitun menawarkan 3,3 mg zat besi tiap ons buah zaitun, yang dapat memenuhi 18 persen kebutuhan harian Anda.

Buah zaitun segar juga mengandung sumber serat, lemak baik, vitamin A, dan vitamin E yang larut dalam lemak.

Selain itu, zaitun juga mengandung berbagai senyawa tanaman bermanfaat yang bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya menyehatkan jantung.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com