FOKUS

3 Buah Ini Bisa Bantu Produksi ASI Lebih Lancar Selama Menyusui

Tandaseru – Ingin produksi ASI melimpah selama menyusui? Selain makan sayur, para ibu menyusui juga wajib mengonsumsi buah-buahan. Ternyata, ada beberapa buah untuk melancarkan ASI yang perlu dikonsumsi ibu menyusui.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat, serta mineral yang penting untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi selama masa menyusui.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah-buahan juga bisa membantu untuk memperlancar jumlah ASI pada ibu menyusui.

Lalu apa saja jenis buah yang bisa membantu ibu menyusui memperlancar produksi ASI? Simak beberapa jenis buah-buahan berikut ini.

Salah satu buah untuk melancarkan asi adalah aprikot

Buah berbentuk bulat dan berwarna kuning agak oranye ini disebut-sebut bisa membantu untuk memperlancar produksi ASI selama masa menyusui.

Buah aprikot dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin di dalam tubuh. Prolaktin sendiri merupakan hormon yang mendukung kelancaran produksi ASI pada payudara.

Menariknya buah ini juga dikemas dalam sejumlah zat gizi yang baik bagi tubuh ibu menyusui dan bayi. Termasuk kandungan berbagai vitamin dan mineral yang melimpah.

Dalam 70 gr buah aprikot, maka terdapat 34 kalori energi, 1 gr protein, 8 gr karbohidrat, 1,5 gr serat dan 0,27 gr lemak.

Dengan begitu, tubuh ibu menyusui dan bayi akan terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, konsumsi buah aprikot segar atau yang sudah dikeringkan, ketimbang yang dikemas dalam kaleng.

Tak perlu khawatir untuk menemukan buah ini, Anda bisa membeli buah aprikot di pasar swalayan besar.

Buah kurma

Sebuah penelitian pada 2014 menunjukkan bahwa buah kurma dapat membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin yang dibutuhkan untuk memperbanyak produksi ASI.

Namun, menurut penelitian dalam Journal of Pediactric Sciences, kurma bisa lebih efektif untuk mengoptimalkan jumlah ASI bila dikonsumsi bersama herbal fenugreek.

Dalam 100 gr buah kurma, terdapat kandungan 2 gr protein, 277 kalori energi, 75 gr karbohidrat, mineral dan vitamin lainnya.

Sari buah kurma juga punya manfaat baik selama masa menyusui. Penelitian yang dimuat dalam HEARTY Jurnal Kesehatan Masyarakat, menemukan bahwa sari kurma bisa mempercepat pemenambahan berat badan bayi.

Selain untuk bayi, sari kurma juga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi dan protein harian ibu menyusui.

Pepaya hijau

Tahukah Anda, buah papaya hijau bisa meningkatkan produksi ASI selama menyusui. Tentu saja papaya yang memiliki daging buah yang berwarna hijau kemudaan.

Bila dibandingkan dengan pepaya berwarna oranye, pepaya yang daging buahnya berwarna hijau ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Sekilas mungkin bisa dianggap seperti belum matang.

Data Komposisi Pangan Indonesia menyebutkan bahwa dalam 100 gram pepaya hijau memiliki 29 kalori energi, 2,1 gr protein, 4,9 gr karbohidrat, 2,1 gr serat, dan 0,1 gr lemak.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam pepaya muda juga melimpah. Mulai dari 50 miligram kalsium, 0,4 mg zat besi, 211,2 mg kalium, 16 mg fosfor, 22 mg natrium, hingga 19 mg vitamin C.

Buah papaya hiijau mengandung galactagogue yang dipercaya bisa meningkatkan persediaan ASI dan melacarkan ASI.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa makan pepaya muda ternyata bisa membantu memperbanyak jumlah ASI.

Akan tetapi, papaya hijau yang pada umurnya masih muda ini memiliki tekstur tidak empuk. Jadi, usahakan untuk mengolah dengan baik sebelum memakannya agar tidak terlalu keras.

Demikian beberapa buah untuk melancarkan ASI yang bisa Anda konsumsi. Dengan mengonsumsi buah-buahan diatas maka produksi ASI dijamin akan melimpah. Semoga bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait