FOKUS

Ketika Bunga Rafflesia Memikat Rombongan Bupati Bengkulu Tengah

JAKARTA (tandaseru) – Provinsi Bengkulu memang kaya akan keindahan alamnya mulai dari flora hingga faunanya, salah satunya bunga Rafflesia yang sangat istimewa hingga menarik perhatian semua orang untuk menyaksikannya secara langsung.

Bunga Rafflesia yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu ini sering tumbuh di daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Tidak heran jika Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, S.H.,M.H, sangat antusias ketika mengetahui bunga langka itu sedang mekar.

Bersama rombongan, Bupati Bengkulu Tengah mendatangi lokasi bunga Rafflesia yang sedang mekar, tepatnya di liku 9 jalan lintas Bengkulu Kepahiang, Kec. Taba Penanjung.

Saat itu baru saja ada sekitar lima bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di tiga titik dalam kawasan hutan Desa Ulak Bandung, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Jarak antarlokasi bunga-bunga itu sekitar 500 meter.

Ketika mereka mengunjungi lokasi lainnya, ada dua bunga Rafflesia yang baru mekar lagi. Sekalipun jalan menuju lokasi cukup terjal, tidak menghalangi semangat untuk melihat secara langsung keindahan bunga Rafflesia yang baru mekar itu.

Bupati Bengkulu Tengah beserta Kejari Bengkulu Tengah, mantan Kapolda Bengkulu dan tim hardtop Bengkulu serta pengunjung lain dari masyarakat umum sangat penasaran dengan keindahan bunga Rafflesia tersebut.

Sebelumnya, rombongan Gubernur Bengkulu, H. Rohidin Merysah juga sempat berkunjung ke lokasi, tersebut pada saat itu masih ada satu yang baru mekar, tapi ketika Bupati Bengkulu Tengah datang bunga itu memang sudah layu.

Bukan hanya menikmati keindahan bunga Rafflesia, perjalanan menuju lokasi bunga Rafflesia itu sangat menantang adrenalin.

Walaupun Bupati Bengkulu Tengah dan rombongan beraktivitas di luar ruangan, mereka tetap memerhatikan protokol kesehatan dengan melakukan physical distancing dan menggunakan masker.

Ketua Komunitas Pemuda Peduli Wisata (Pelista) Kecamatan Muara Sahung, Antoni William mengatakan komunitas telah memetakan 11 titik habitat Rafflesia jenis arnoldi dan bengkuluensis di wilayah sekitar desa mereka.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id