FOKUS

Canggih! Robot Mungil di Thailand Bisa Bantu Pasien Covid-19

JAKARTA (tandaseru) – Guna membantu para tenaga medis, Thailand punya cara unik untuk mengerahkan robot mungil yang dapat membantu merawat pasien positif Covid-19.

Robot pengganti tenaga medis ini dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Chulalongkorn di Bangkok awalnya untuk memantau pemulihan pasien stroke.

Namun di kondisi pandemi Covid-19 saat ini, keberadaan robot itu di alihfungsikan, kemudian di modifikasi agar sesuai untuk bekerja merawat pasien positif corona.

Dilansir dari Mashable, Selasa (7/4), kinerja robot ini dapat mengukur suhu pasien tanpa harus melibatkan dokter ataupu perawat yang bisa saja terpapar virus corona.

Dok/Foto: Mashable/Lilian Suwanrumpha

Spesifikasi robot perawat covid-19

Robot perawat Covid-19 di Thailand, memiliki layar yang ada di badannya yang berfungsi untuk memungkinkan dokter menjalin komunikasi dengan pasien lewat video.

Di Thailand sendiri, robot perawat Covid-19 baru tersedia di empat rumah sakit. Ke depannya robot ini akan diproduksi jumlah besar yang akan dikirim ke-10 rumah sakit tambahan di Thailand.

Sebelumnya, di Tiongkok juga telah lebih dulu mengembangkan robot untuk membantu warganya mengantarkan makanan dan mengawasi mal guna mengedalikan penyebaran virus corona.

Sementara di Spayol telah mengerahkan drone untuk mengawasi warganya untuk tetap di rumah dan mengimbau physical distancing.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait