FOKUS

Capres AS Joe Biden Sebut Trump Presiden Rasis Pertama

JAKARTA (tandaseru) – Baru-baru ini calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden menyebut rivalnya, Donald Trump sebagai presiden rasis pertama di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (23/7), dalam kampanye virtual yang diorganisir oleh Service Employees International Union.

“Sangat memuakkan bagaimana Trump berurusan dengan orang-orang berdasarkan warna kulit, negara asal, dari mana mereka datang,” kata Biden.

“Belum pernah ada presiden yang melakukan ini. Belum pernah ada presiden dari Partai Republik yang melakukannya. Tidak ada presiden dari Partai Demokrat yang melakukannya. Kita memiliki seorang rasis dan dia nyata. Mereka mencoba membuatnya terpilih sebagai presiden. Dan dia yang pertama terpilih,” lanjut Biden.

Lebih lanjut, Biden juga mengkritik Trump menggunakan isu rasial untuk mengalihkan perhatian dari kegagalannya menangani pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, penasihat senior kampanye Trump, Katrina Pierson menyebut pernyataan Biden sebagai penghinaan terhadap kecerdasan pemilih kulit hitam.

Dia menyebut Trump mencintai semua orang dan bekerja keras untuk memberdayakan semua orang Amerika.

Trump juga membalas kritik lawannya dalam jumpa pers di Gedung Putih, Rabu (22/7) yang membanggakan pemerintahannya mengesahkan rancangan undang-undang reformasi sistem hukum dan memperluas lapangan kerja.

“Justru saya telah melakukan banyak hal kepada masyarakat kulit hitam AS dari presiden lain, kecuali dari Abraham Lincoln. Tidak ada yang mendekati saya,” ujar Trump

Biden dan Trump kerap saling serang dalam kampanye jelang Pemilu AS pada 3 November mendatang.

Hingga kini ada tiga kandidat yang akan bertarung, yakni Joe Biden, Donald Trump dari Partai Republik, dan Jo Jorgensen yang diusung Partai Libertarian.

Sekadar informasi, ras menjadi masalah yang lebih sentral ketika kematian pria kulit hitam, George Floyd yang dibunuh oleh anggota Minneapolis dengan menekan lehernya selama lebih dari 8 menit.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait