FOKUS

Cara agar Anak Aman Bermain dengan Anjing Pit Bull

Anjing pit bull sebenarnya tak berbahaya bermain dengan anak-anak. Namun, membiarkan mereka bersama tetaplah perlu pengawasan. Ada kemungkinan pit bull bersikap aktif dan agresif lalu menyerang anak.

Terkadang ada kekhawatiran saat mereka bermain bersama karena anak masih belum bisa mengerti bagaimana cara memegang anjing dengan halus dan pelan, begitupun dengan anjing yang belum tentu bisa paham bagaimana bermain dengan anak.

Sebagian besar kasus anak terluka atau meninggal dunia digigit anjing biasanya karena anak dibiarkan bermain sendiri dengan anjing.Jadi suatu keharusan, Gunakan insting, anak kecil sebaiknya tidak pernah dibiarkan berada dekat anjing tanpa pengawasan.

Dirangkum dari sejumlah sumber, dan komunitas pecinta anjing pit bull, berikut cara bagaimana hal-hal yang dapat diterapkan untuk membuat pit bull dan anak-anak aman saat bermain bersama.

Perhatikan sikap anak dan pastikan anak memahami bagaimana saat berada di sekitar anjing. Anak sebaiknya juga tahu ada teritori anjing yang baiknya tidak diambil atau dilampaui.

Pastikan juga benda yang disukai anjing jauh dari jangkauan anak-anak. Benda yang dimainkan sang anak bukan kesukaan anjing untuk mencegah anjing merebutnya atau bahkan bisa melukainya.

Kemudian ada baiknya untuk melatih anjing beberapa hal. Ini penting menjaga saat anak-anak ada di sekitarnya, sehingga tidak timbul kerusuhan.

Dan yang terakhir Jangan pernah memaksa anjing hingga ia berada di kondisi tidak nyaman. Perlu pahami perilakunya saat bereaksi dengan orang asing, bertingkah aneh atau diam saja.

Pada dasarnya anjing pit bull atau lainnya tidak berbahaya. Yang penting adalah menggunakan pemahaman yang cukup, mengawasi perilaku anjing, dan interaksinya dengan anak-anak, untuk mencegah insiden atau masalah terjadi.(put)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id