FOKUS

Cara Atasi Anosmia Gejala Umum COVID-19, Bisa Dengan Bahan Alami

JAKARTA (tandaseru.id) – Sebuah penelitian menunjukkan anosmia atau kehilangan indera penciuman jadi gejala COVID-19 yang lebih meyakinkan daripada batuk atau demam. Namun ternyata ada beberapa cara atasi anosmia dengan bahan alami.

Anosmia merupakan hilangnya indra penciuman sebagian atau seluruhnya sehingga tidak dapat sepenuhnya mencicipi makanan. Hal ini kerap disebabkan oleh penyumbatan di hidung yang mencegah bau sampai ke bagian atas hidung.

Masalah kesehatan ini terasa kecil namun cukup mengganggu karena dapat menurunkan selera makan.

Kondisi umum anosmia sementara seperti iritasi lapisan hidung, yang terjadi pada alergi atau pilek. Namun kondisi ini bisa serius ketika memengaruhi otak atau saraf.

Studi oleh University College London (UCL) pada 590 orang yang kehilangan indera penciuman atau perasa secara tiba-tiba menemukan sebanyak 80 persen atau empat dari lima di antara mereka memiliki antibodi COVID-19, artinya mereka pernah terinfeksi penyakit tersebut.

Apabila Anda mengalami anosmia sebagian maupun sepenuhnya yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Anda pun bisa menggunakan beberapa cara alami untuk mengatasi anosmia seperti yang sudan dikutip Tandaseru.id dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Atasi Anosmia Dengan Bahan Alami, Lakukan Ini!

Terapi indra penciuman dengan mengingat dan mencium aroma

Terapi bau berguna untuk mengasah kepekaan indera penciuman. Seringkali menggunakan minyak esensial untuk memicu respons sensorik.

Pasien anosmia diarahkan untuk membuka wadah dengan aroma tertentu. Kemudian berpikir fokus pada ingatan tentang bau tersebut setidaknya selama 20 detik.

Setelah itu, beralih ke aroma berikutnya. Terapi indra penciuman biasanya dilakukan dua kali sehari selama beberapa minggu.

yesdok.com

Bawang putih

Dalam bawang putih terkandung asam ricinoleic yang menyusun aktif untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung.

Selain itu, sifat anti bakteri dalam bawang putih dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, cukup haluskan 4 hingga 5 siung bawang putih. Lalu tambahkan ke dalam secangkir air mendidih.

Kemudian rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut selagi masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com