FOKUS

Tips Cegah Jentik Nyamuk Agar Terhindar Demam Berdarah

JAKARTA (tandaseru) – Tindak pencegahan timbulnya demam berdarah sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Terapkan cara mencegah jentik nyamuk yang bisa dilakukan di rumah.

Sebab banyaknya jentik nyamuk bisa menjadi tanda bahwa nyamuk aedes aegypti berkembang biak dengan subur, terutama di tempat yang nyamuk sukai.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda dan keluarga selalu memahami bagaimana cara mencegah jentik nyamuk tersebut. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Mencegah Jentik Nyamuk di Rumah

Menguras penampungan air secara rutin

Bersihkah bak mandi dan tempat-tempat lain yang berpotensi menimbulkan genangan air minimal seminggu sekali untuk memutus siklus hidup nyamuk penyebab demam berdarah.

Tutup rapat penampungan air

Tidak lupa menutup rapat berbagai tempat yang digunakan untuk menampung air di rumah. Supaya tidak dijadikan lokasi berkembang biak nyamuk.

Selain itu, buang berbagai sampah atau wadah tidak terpakai yang berpotensi menimbulkan genangan air.

Gunakan bahan-bahan alami untuk antiseptik

Khasiat Daun Sirih

Tips selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan berbagai bahan alami seperti dengan menggunakan daun sirih, garam kasar, serta biji pepaya dan tawas.

Ambil segenggam daun sirih muda dan rebus hingga layu dengan 1 liter air. Kemudian dinginkan air dan tuangkan ke dalam bak mandi sebagai antiseptik alami yang akan membasmi pertumbuhan jentik nyamuk.

Selain daun sirih, Anda bisa mencegah jentik nyamuk dengan memanfaatkan campuran biji pepaya dan tawas. Kedua bahan tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan jentik nyamuk.

Caranya, jemur biji pepaya hingga kering dan tumbuk halus. Kemudian campurkan dengan tawas yang sudah dihancurkan.

Perbandingannya yaitu 1 takaran biji pepaya dicampur 1 takaran tawas. Selanjutnya, masukkan bubuk tersebut ke kain kasa, dan celupkan bungkusan tersebut ke dalam bak mandi.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan garam kasar untuk mencegah jentik nyamuk yang efektif.

Caranya, cuci garam kasar dan jemur garam hingga kering. Lalu tumbuk hingga benar-benar halus.

Taburkan ke bak mandi atau tempat penampungan air lainnya. Dijamin jentik-jentik nyamuk yang dapat mati seketika karena garam kasar memiliki tingkat keasinan yang sangat tinggi.

Demikian beberapa cara mencegah jentik nyamuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait