FOKUS

Begini 4 Cara Mencegah Jerawat Sebelum Menstruasi

JAKARTA (tandaseru) – Perubahan hormon menjelang menstruasi berpengaruh besar bagi tubuh. Mulai dari menurunkan mood, hingga memicu timbulnya jerawat yang amat menganggu, namun seperti apa cara mencegah jerawat sebelum menstruasi.

Sebelum menstruasi, produksi hormon progesteron meningkat, hormon ini membuat kulit membengkak sehingga pori-pori kulit semakin tertutup.

Kondisi ini mempermudah jerawat muncul beberapa hari sebelum mentruasi. Guna mencegahnya, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara Mencegah Jerawat Sebelum Menstruasi

Menjaga selalu kebersihan kulit

efek mencuci muka terlalu sering

Tahukah Anda, bakteri penyebab jerawat bisa secara alamiah hidup pada permukaan kulit, atau berasal dari lingkungan sekitar.

Meskipun kulit wajah tampak bersih, bukan berarti sepenuhnya terlindung dari berbagai jenis bakteri yang merugikan.

Oleh sebab itu, cara paling efektif mencegah jerawat sebelum menstruasi adalah dengan mengurangi paparan bakteri dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan sabun, mencuci wajah dengan sabun dua kali sehari, membersihkan ponsel dan rajin mandi.

Membatasi mengonsumsi makanan yang memicu jerawat

Resep Gulai Babat Lombok

Makanan pemicu jerawat pada umumnya yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Salah satunya susu skim yang disinyalir memicu jerawat akibat adanya hormon yang dihasilkan sapi selama hamil.

Makanan hanya salah satu faktor tambahan yang memicu jerawat, namun hormon dan kebersihan kulit tetap memiliki peran lebih besar. Sehingga untuk mencegahnya jangan lupa mempertimbangkan kedua faktor ini.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait