FOKUS

Tips Mencegah Paru-Paru Basah yang Penting Dilakukan

JAKARTA (tandaseru) – Paru-paru basah (Pneumonia) merupakan infeksi yang memicu inflasi pada kantong udara yang bisa terjadi di salah satu atau kedua paru-paru. Untuk menghindari hal tersebut pentingnya mengetahui cara mencegah paru-paru basah.

Berdasarkan catatan dari WHO, sekitar 15 persen dari semua kematian anak dibawah umur 5 tahun, disebabkan oleh paru-paru basah.

Paru-paru basah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Meski pneumonia yang disebabkan oleh bakteri (bakteri Pneumonia) umumnya bersifat ringan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus juga bisa menjadi fatal.

Lalu, bagaimana cara mencegah pneumonia atau paru-paru basah? Simak penjelasan yang sudah Tandaseru.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Mencegah Paru-Paru Basah yang Perlu Dilakukan

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu mikroorganisme yang di kenal dengan nama Streptococcus pneumonia bisa menjadi penyebab paru-paru basah.

Jenis mikroorganisme ini akan bersarang permanen di sekitar area tenggorokan. Saat kondisi daya tahan tubuh sedang baik dan sehat, maka mikroorganisme tersebut bukan menjadi masalah besar.

Namun saat daya tahan tubuh sedang turun, maka mikroorganisme dapat menyerang paru-paru hingga menyebabkan paru-paru basah.

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, nutrisi tinggi, dan vitamin C akan membantu daya tahan tubuh Anda selalu dalam kondisi baik, sertakan pula dengan olahraga ya!

Menggunakan Masker

Salah satu cara untuk mencegah agar penyakit paru-paru basah tidak menyerang yaitu selalu gunakan masker saat berpergian.

Memakai masker akan membantu melindungi tubuh dari polusi ataupun penyakit menular.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait