FOKUS

Mencuci Baju Orang Sakit Tidak Bisa Sembarangan, Begini Caranya!

JAKARTA (tandaseru) – Corona memang mengambil alih perhatian dunia, ketika ada orang sakit langsung jadi perhatian. Sampai ada cara mencuci baju orang sakit agar terhindar dari corona!

Virus corona yang sudah jadi pandemi global ini bisa menular melalui tetesan yang dihasilkan saat seseorang (yang terinfeksi) batuk atau bersin.

Lebih lanjut, seseorang bisa tertular virus jika menyentuh permukaan benda yang telah tertempeli virus (akibat tetesan batuk dan bersin tadi) dan menyentuh mulut, hidung dan matanya.

Dikutip dari KFOR-TV, temuan terbaru menunjukkan virus corona mampu bertahan berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan benda sesuai materialnya, termasuk pada pakaian.

Oleh sebab itu, jika salah seorang anggota keluarga sakit atau positif virus corona, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat menyarankan ada sejumlah cara mencuci pakaiannya agar tak tertular.

Cara mencuci baju orang sakit agar terhindar dari Corona!

Sebaiknya gunakan sarung tangan, kemudian bersihkan dengan disinfektan usai digunakan. Hindari menggunakan sarung tangan yang sama pada keperluan lain. Cuci tangan usai bersentuhan dengan pakaian tersebut.

Hindari untuk mencampur pakaian kotor atau mengguncangnya ke udara, agar mengurangi risiko virusnya menyebar lewat udara.

Kemudian cuci pakaian berdasarkan instruksi atau anjuran pada label pakaian. Jika memungkinkan, gunakan juga air hangat dengan suhu maksimal untuk mencuci pakaian tersebut.

Bersihkan juga permukaan wadah baju kotor dengan disinfektan. Jika memungkinkan, Anda bisa letakkan kantong sekali pakai sebagai pelapisnya.

cara mencuci pakaianPahami anjuran cara mencuci pakaian yang benar tersebut agar anggota keluarga lainnya tidak tertular virus apapun, termasuk corona jika ada anggota keluarga yang positif mengidapnya.

Tips di atas juga bisa dipraktikan ketika Anda sendiri yang sedang sakit (selain corona), dan tak mau menularkannya pada anggota keluarga lain.

Sebagai catatan, pakaian berbahan poliester, spandeks dan bahan fleksibel lainnya bisa menahan bakteri dan virus jauh lebih lama dibanding bahan baju seperti katun.

Jadi Anda harus ekstra membersihkan pakaian berbahan tersebut. Jaga kebersihan dan kesehatan diri, semoga situasi ini segera membaik.

Mudah bukan cara mencuci baju orang sakit di atas, jadi Anda bisa menghindari penularan segala penyakit yang diderita oleh anggota keluarga atau diri sendiri!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait