FOKUS

4 Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi Dengan Mudah

JAKARTA (tandaseru) – Bagi penikmat kopi, mengurangi kopi bukan suatu hal yang mudah, karena tidak semua orang berhasil melakukannya. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengurangi ketergantungan kopi yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Di zaman sekarang, kopi sudah menjadi semi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kopi, karena kopi juga punya manfaat untuk kesehatan.

Namun akan menjadi masalah jika Anda sudah ketergantungan pada kopi, sehingga bisa menimbukan efek tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Pada dasarnya kandungan antioksidan pada kopi berperan melawan penyakit, jika Anda mengonsumsinya sesuai takaran maka akan berdampak baik pada kesehatan.

Berbeda jika mengonsumsi secara berlebihan, kandungan kafein berlebih dapat berakibat timbulnya kegelisahan dan kecemasan hingga menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk.

Oleh karena itu, Anda perlu beralih ke cara alternatif yakni minuman lain. Simak beberapa cara mengurangi kopi berikut ini.

Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi

Cobalah beralih dengan air putih

Manfaat Rutin Minum Air Putih

Manfaat minum air putih sudah pasti sangat banyak untuk kesehatan tubuh, oleh sebab itu minum air putih lebih bermanfaat berkali-kali lipat daripada minum kopi.

Cobalah perlahan menggantikan kebiasaan kopi dengan minum air putih, sehingga secara perlahan akan membantu Anda dalam ketergantungan pada kopi.

Ganti dengan minuman yang mengandung susu

Resep Cokelat Jahe

Kebiasaan minum kopi dengan suhu yang panas, bisa Anda ganti secara perlahan dengan meminum minuman panas lainnya, untuk terapi tubuh di pagi hari.

Seperti menggantikan kopi dengan minuman teh herbal hangat, cokelat hangat, atau dengan susu almond panas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait