FOKUS

Tips Mudah Backup Data di Ponsel Android

Tandaseru – Pengguna smartphone pasti memiliki data-data penting yang tidak boleh hilang. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, pengguna bisa melakukan cara mem-backup data di perangkat berikut ini!

Melakukan backup data atau mencadangkan data menjadi hal yang penting bagi pengguna smartphone.

Pasalnya, kecanggihan teknologi memudahkan Anda untuk mengirimkan file, seperti kontak, dokumen atau foto hanya lewat ponsel.

Oleh sebab itu, jangan sampai Anda kehilangan data yang mungkin sudah dikumpulkan sejak lama. Dikutip dari Make Use Of, Jumat (29/11), berikut ini cara backup data di perangkat Android Anda!

 

Backup data di Google Drive

Perlu diingat, Android  menyediakan fitur cadangkan data melalui pengaturan sendiri, yakni Google Drive miliknya.

  • Jika ingin menggunakannya, Anda hanya perlu membuka “Settings”, pilih “System dan Backup”. Jika telah terbuka, Anda pilih opsi “Back up to Google Drive”.
  • Ada beberapa kategori data yang dapat kamu cadangkan, pilih opsi “Settings” untuk menyalin pengaturan yang ada di pengaturanmu. Nantinya, data cadangan ini dapat diakses pula dari aplikasi Google Drive. Gimana, nggak repot kan?

Backup kontak di Google contact

Anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Contact untuk menyalin semua kontak yang ada di perangkat akun Google milikmu.

Lewat aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah menyalin kontak yang ada di perangkat akun Google milikmu.

  • Caranya, buka menu “Settings”, lalu “Import” dan pilih sumber kontak yang ingin disalin. Selanjutnya, pilih “akun Google” yang ingin dipakai untuk menyimpan daftar kontak tersebut.
  • Selain melakukan pencadangan online, Anda juga dapat melakukannya secara offline. Caranya, pilih opsi “Export”, lalu pilih “akun Google” yang ingin dipakai, dan terakhir pilih “Export to .vcf file”.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait