FOKUS

Atasi Tungau Kasur Dengan 5 Cara Terbaik Ini!

JAKARTA (tandaseru) – Tungau memang bisa membahayakan apalagi jika menyerang balita. Agar aman, ada cara terbaik atasi tungau yang bisa Anda lakukan dengan mudah!

Memang masalah tungau bukan hal yang baru, tapi apapun yang bisa membahayakan pasti menyebalkan. Hewan kecil menyerupai kutu itu berukuran mikro yang sulit terlihat mata.

Oleh karena itu, terkadang Anda tak menyadari kalau tungau yang menyerang kulit Anda atau anak Anda. Menyedihkannya lagi jika yang di serang adalah anak Anda yang masih balita.

Tungau kerap bersarang di kasur, sofa, karpet hingga gorden. Efek yang disebabkan oleh gigitan tungau cukup beragam, mulai dari kulit bisa bentol-bentol, sampai muncul kemerahan yang meradang.

Tapi tenang, ada sejumlah cara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengusir tungau-tungau tak kasat mata tersebut.

Simak 5 cara terbaik atasi tungau ini!

Sinar matahari

Tungau itu kerap bersarang di tempat yang lembap. Jadi sebaiknya Anda rutin untuk menjemur kasur, bantal, guling, karpet dan lainnya di bawah sinar matahari langsung, agar semua tungau mati dan tidak bersarang di sana.

Jus bawang

Cara lainnya bisa memanfaatkan bawang merah dan bawang putih. Kedua bahan dapur tersebut mampu menghilangkan tungau secara alami.

Caranya sangat mudah, cukup haluskan kedua jenis bawang tersebut secukupnya saja, kemudian oleskan pada tempat yang jadi sarang tungau. Jika sudah, biasanya tungau akan keluar dari sarang dan mati.

Larutan garam

Tidak ingin pakai bawang, garam juga bisa digunakan sebagai bahan pengusir tungau. Larutkan saja garam dalam air secukupnya, kemudian masukkan dalam botol dan semprotkan ke tempat-tempat yang ada banyak tungaunya.

Minyak lavender

Bahan lainnya ada lavender. Bunga satu ini memiliki aroma yang menyengat dan tak disukai oleh tungau. Jadi caranya, semprotkan minyak alami tersebut pada area yang banyak tungau.

Bisa juga Anda keringkan bunga lavender dan bungkus dalam kain, lalu letakkan di area-area yang kerap di sukai oleh tungau atau lokasinya bersarang.

Daun pandan

Cara terbaik atasi tungau yang terakhir bisa menggunakan daun pandan. Serupa dengan lavender, pandan punya aroma yang tak menyenangkan bagi tungau.

Maka, cobalah letakkan daun pandan pada area sekitar tungau bersarang. Bahkan aroma pandan yang wangi itu mampu mengusir kecoa yang ada di rumah.

Nah, itulah sejumlah cara terbaik atasi tungau yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi saat tungau mulai menghantui tak perlu panik, segera atasi dengan cara-cara tersebut di atas!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait