FOKUS

Catar Akpol Terbaik Kepri Gagal karena Positif Covid-19, Ini Kata Polisi

KEPRI (tandaseru) – Viral di media sosial Twitter @siap_abangjagoo soal adanya seorang Calon Taruna (Catar) Akpol yang gagal setelah dinyatakan positif virus corona (Covid-19) atas pemeriksaan swab.

Belum diketahui siapa nama calon taruna Akpol dengan peringkat satu tingkat provinsi Kepulauan Riau tersebut. Namun, ia dinyatakan gugur karena hasil pemeriksaan di RS Bhayangkara setempat menyatakan positif.

Terkait hal itu, Kabid Humas Polda Kepulauan Riau Kombes Harry Goldenhart membenarkan hal itu. Menurutnya, calon Taruna Akpol di wilayahnya yang tak bisa masuk karena positif Corona.

“Memang betul ada petunjuk dari Mabes. Sudah ada aturan bagi mereka yang hendak tes masuk pusat (Akpol) itu harus dilakukan tes swab. Apabila dinyatakan positif dia tak diberangkatkan,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (6/8).

Menurutnya, bukan hanya Akpol yang tak diberangkatkan. Namun, dalam hal ini Harry tak mengetahui jumlah pastinya.

“Ada dari Tamtama juga tak diberangkatkan. Karena hasilnya itu (positif). Mereka sebelum berangkat wajib tes swab yang dilakukan lembaga ditunjuk Kementerian Kesehatan,” kata Harry.

Dalam akun itu, pemuda yang dinyatakan tak lulus mengaku kalau sudah periksa dan dinyatakan negatif. Namun, Harry menegaskan, pihaknya mendapatkan hasil yang resmi.

“Hasil yang resmi dikeluarkan dari Kementerian Kesehatan. Kan yang resmi itu. Kalau ada lembaga lain yang bukan ditunjuk dari Kementeriam Kesehatan ya nggak bisa,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan kepada calon Taruna, Bintara atau Tamtama yang gagal masuk karena Covid-19, agar tak berkecil hati. Sebab, ada kesempatan bagi mereka untuk lulus tes dikemudian hari.

“Berjiwa besar. Karena kita semua mengikuti aturan. Sementara orang yang positif saja dikarantina. Kalau memang positif yang terima itu dan lakukan protokol Covid,” pungkas Harry.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait