FOKUS

Cegah Covid-19 Polisi Periksa Kendaraan yang Masuk Tuban

TUBAN (tandaseru) – Upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diperlukan langkah yang masif melalui berbagi kegiatan. Begitu juga dengan Polres Tuban bersama Kodim 0811 dan Pemkab Tuban serta instansi terkait lainnya.

Salah satu upaya pencegahan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kendaraan antar kota dan Provinsi dari wilayah Jawa Tengah yang memasuki Wilayah Tuban, Rabu (1/4).

Pemeriksaan dilakukan di pos perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah tepatnya di Sukolilo Kecamatan Bancar. Sedikitnya 70 personel gabungan ( Polri, TNI, Dishub, SatPol PP, Dinkes kab. Tuban) dikerahkan  memeriksa kendaraan penumpang umum dan angkutan lainnya, untuk mencegah masuknya orang yang terinfeksi Covid-19 ke wilayah Tuban.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, mengatakan bahwa tujuan dalam kegiatan ini adalah sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran Covid19.

“Para penumpang dicek suhu tubuhnya. Juga ditanyakan apakah ada keluhan sakit atau tidak selama dalam perjalanan. Jika ada yang sakit, atau terindikasi, langsung kita tangani secara medis tahap awal. Di Posko ini ada petugas medis yang sudah siap.” ujarnya.

Selain dilakukan pemeriksaan, kendaraan yang dihentikan itu juga disemprot dengan disinfektan untuk antisipasi, sebelum kendaraan tersebut diijinkan melanjutkan perjalanan.

Langkah – langkah tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa, baik kendaraan maupun penumpang yang memasuki wilayah Tuban bebas dari virus covid 19.

Akbp Ruruh juga menambahkan bahwa, pemeriksaan baik orang maupun kendaraan dari luar wilayah yang memasuki Tuban, akan dilakukan pemeriksaan oleh Satuan Gugus Tugas Kabupaten Tuban hingga ada perubahan atau instruksi lebih lanjut dari pemerintah

Sampai saat ini upaya – upaya pencegahan dari pihak Polri dan TNI serta Instansi terkait lainnya di Tuban masih terus dilakukan seperti himbauan, penyemprotan disinfektan, larangan bergerombol, himbauan untuk tetap di rumah dan hanya keluar ketika penting saja, sosialisasi  sosial distancing dan physical distancing termasuk melakukan razia ke berbagai tempat dan lokasi tempat mangkal warga guna mencegah menyebaran virus tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait