FOKUS

Cegah Hoaks, WhatsApp Batasi Forward Pesan Hanya Untuk Satu Chat

JAKARTA (tandaseru) – Aplikasi chat populer, WhatsApp baru saja menerapkan aturan baru terkait pembatasan pesan singkat yang diteruskan atau forward guna memerangi informasi hoaks Covid-19.

Pembatasan pesan singkat atau forward pada WhatsApp diindetifikasi sebagai “highly forwaded” yang mulanya bisa dikirim sebanyak lima orang atau lebih, kini hanya bisa di forward ke satu orang saja.

Dikutip dari The Verge, WhatsApp memberlakukan pembatasan yang cukup ketat untuk mencegah penyebaran hoaks.

“Hari ini kami memperkenalkan fitur yang membatasi pesan-pesan ini, sehingga hanya dapat diteruskan ke satu chat dalam satu waktu,” kata WhatsApp dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/4).

Cara ini dinilai dapat memperlambat penyebaran sebuah pesan, begitu juga sebuah hoaks, terutama di saat wabah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, dari konten lucu, video lucu, doa, kata mutiara, informasi bermanfaat, banyak di-foward pengguna, tak terkecuali pesan hoaks.

Selain kebijakan baru ini, WhatsApp juga telah bekerja sama secara langsung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih dari 20 Kementerian Kesehatan di seluruh dunia, guna memberi informasi yang akurat terkait Covid-19.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait