FOKUS

Cegah Kekerasan Anak, Kanit PPA Makota: Peran Orang Tua dan Lingkungan Sangat Penting

MALANG (tandaseru) – Kanit PPA Polresta Malang Kota Iptu Tri Nawangsari menjadi narasumber pada Bimtek pencegahan kekerasan terhadap anak yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kota Malang dengan Polresta Malang ,di Hotel Sahid Montana Malang, Senin (5/4).

Iptu Nawang Sari menyampaikan bahwa kasus kekerasan terhadap anak adalah kasus kekerasan fisik, kekerasan seksual seperti persetubuhan atau pencabulan, dan kasus penelantaran.

“Yang disebut anak adalah anak yang belum berumur 18 th .Anak disini bisa menjadi korban kekerasan , bisa juga menjadi pelaku, ” ujarnya.

Kanit PPA Polresta Malang Kota itu juga menambahkan ,UU RI NO 35 TH 2014 telah mengatur sanksi hukum, Jika anak menjadi korban kekerasan fisik atau seksual dan sebaliknya jika anak menjadi pelaku akan dijerat dengan UU NO.11 TH 2012 tentang SPPA ( sistem pidana peradilan anak)

“Dan UU terbaru yaitu UU NO17 TH 2016 TTG Perlindungan anak hanya bedanya di ancaman hukumannya Tersangaka akan dikebiri,” tegasnya.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK ,tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut ,Kanit PPA menjelaskan bahwa untuk mencegah supaya tidak terjadi kasus kekerasan terhadap anak ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya anak wajib diberikan pengertian ikut dan berlatih bela diri,
anak diberikan pendidikan Agama dan budi pekerti

“Disamping peran orang tua dirumah ,peran guru di sekolah juga sangat membantu dan yang paling penting segera laporkan ke pihak berwajib apabila menjadi korban.” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com