FOKUS

Cegah Napi yang Kabur ke Luar Negeri, Polda Metro dan Lapas Tangerang Koordinasi dengan Ditjen Imigrasi

JAKARTA (tandaseru) – Polisi bersama pihak lapas klas I Tangerang sudah berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI untuk mencegah narapidana (napi) yang kabur bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan melarikan diri ke luar negeri.

“Itu sudah dilakukan (mempersempit gerak), termasuk pencekalan paspor yang bersangkutan sudah kita koordinasikan dengan pihak Imigrasi, dilakukan pencekalan, jangan sampai melarikan diri ke luar negeri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (29/9).

Tak hanya itu, Polisi juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk memblokir kartu tanda penduduk (KTP) Cai. Pasalnya, bandar narkoba asal Tiongkok itu telah memiliki KTP Indonesia.

“Itu salah satu upaya kita yang kita lakukan untuk bisa mempersempit ruang gerak (terpidana),” ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.

Ada lima tim dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Tangerang dan Lapas Kelas I Tangerang dibentuk untuk memburu tahanan yang kabur tersebut. Pemburuan mulai dilakukan dari istri, hingga masyarakat dekat lapas.

“Karena yang bersangkutan sempat mampir ke rumahnya sebelum kabur, lalu masyarakat sekitar lapas sempat melihat yang bersangkutan membeli rokok,” ungkap Yusri.

Terpidana hukuman mati yang ditahan sejak 2016 itu kabur pada Senin, 14 September 2020. Dia kabur dengan melubangi kamar tahanan hingga gorong-gorong belakang lapas.

Tahanan itu membuat lubang sejak delapan bulan lalu. Dia melubangi kamar tahanan hingga gorong-gorong belakang lapas sepanjang 30 meter.

“Saat olah tempat kejadian perkara (TKP) mencoba masuk memang muat, itu bisa memakan waktu sampai 20 menit (hingga sampai keluar),” papar Yusri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait