FOKUS

Cegah Penyebaran Covid-19, Polri Telah Bubarkan 1.371 Kegiatan yang Melibatkan Banyak Massa

JAKARTA (tandaseru) – Semenjak dikeluarkan kebijakan social distancing (pembatasan sosial), Polri dibantu TNI dan Pemda telah membubarkan 1.371 kegiatan yang melibatkan massa yang banyak.

“Kami sudah membubarkan kerumunan massa sebanyak 1.371 massa atau kerumunan massa berkumpul yang kami lakukan pembubaran itu semua terdapat di semua Polda di seluruh Indonesia,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Kamis (26/3).

Pembubaran ini dilakukan merujuk Maklumat Japolri Jenderal Polisi Idham Azis sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Argo mengatakan, dalam membubarkan kerumunan massa, TNI-Polri memberikan imbauan dan pendekatan persuasif terlebih dulu. Masyarakat diminta bisa paham untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat pengumpulan massa saat ini. Diharap hal ini bisa jadi pemutus rantai penyebaran corona.

“Memberikan himbauan kepada masyarakat dan kami ingin memutus atau mencegah daripada penyebaran virus corona ini. Jadi tidak kemana-mana dan ini semoga dengan disiplin yang tinggi ini yang kami lakukan bisa cepat selesai berkaitan dengan virus corona,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Polri Jenderal Polisi Idham Azis menerbitkan maklumat terkait dengan penanganan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Maklumat bernomor Mak/2/III/2020 dikeluarkan pada Kamis, 19 Maret 2020.

Dalam maklumat itu, disebutkan bahwa maklumat dibuat berdasarkan pertimbangan situasi nasional terkait cepatnya penyebaran virus corona.

Kapolri Jenderal Idham Azis meminta masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

“Seperti dalam bentuk seminar, lokakarya, konser musik, festival, bazzar, pasar malam, pameran, unjuk rasa, kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, pawai, karnaval hingga resepsi keluarga,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/3).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait