FOKUS

Cegah Virus Corona Masuk Jatim, Gubernur Khofifah Awasi Bandara dan Pelabuhan

SIDOARJO (tandaseru) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan hingga saat ini Jawa Timur tidak ada indikasi masuknya virus Corona yang berasal dari Tiongkok.

Hal itu dikatakan Khofidah saat melakukan sidak alat pendeteksi suhu badan di Bandara Juanda di Sidoarjo, Jumat (24/1). Gubernur mengatakan, Pemprov Jatim melakukan pengawasan ketat dan pengendalian penyakit menyikapi surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

Dari surat edaran itu, Kemenkes meminta seluruh rumah sakit umum dan daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit radang paru tersebut.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada indikasi virus corona masuk ke wilayah Jawa Timur. Kita semua tetap waspada dan siap siaga,” kata Khofifah.

Dia mengatakan Pemprov Jatim sebelumnya telah menerima SE Nomor: PM.04.02/III/43/2020 tanggal 5 Januari 2020 dari Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

“Berdasarkan surat edaran itu kami telah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk meningkatkan kewaspadaan di seluruh sistem layanan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah menyiagakan Tim Gerak Cepat untuk Penyakit Menular yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan guna meningkatkan kewaspadaan, khususnya pada pengawasan alat angkut, orang dan barang yang berasal dari Tiongkok.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait