FOKUS

China-Rusia-Kuba Masuk Dewan HAM PBB, Ini Reaksi AS

WASHINGTON (Tandaseru) – Amerika Serikat (AS)sangat geram saat menerima kabar bahwa China, Kuba, dan Rusia masuk sebagai anggota Dewan HAM PBB.

AS mengaku kecewa karena ketiga negara tersebut memiliki catatan HAM yang sangat buruk.

Seperti diketahui, Rusia, China, Kuba, dan 12 negara lainnya, terpilih menjadi anggota baru Dewan HAM PBB setelah mendapatkan suara mayoritas dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB.

“AS sangat kecewa dengan terpilihnya China, Rusia dan Kuba untuk duduk di Dewan Hak Asasi Manusia PBB,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

“Terpilihnya beberapa pelanggar HAM terburuk di dunia untuk posisi ini membuat misi Dewan HAM menjadi lelucon,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (14/10).

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa terpilihanya ketiga negara tersebut menunjukan keputusan Washington untuk mundur dari Dewan HAM PBB sudah sangat tepat.

AS mundur dari Dewan HAM PBB tahun 2018 lalu karena menilai badai tersebut bias terhadap Israel dan mendesak negara-negara anggota PBB lainnya untuk segera mengambil tindakan untuk mereformasi badan yang berbasis di Jenewa tersebut.

“Sayangnya, seruan itu tidak dihiraukan dan hari ini Majelis Umum PBB sekali lagi memilih negara-negara dengan catatan HAM yang menjijikkan, termasuk China, Rusia, dan Kuba. Venezuela terpilih pada 2019. Pemungutan suara terbaru ini hanya semakin memvalidasi keputusan AS untuk mundur (dari Dewan HAM),” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com