FOKUS

China Uji Coba Drone Bunuh Diri. Mampu Hancurkan Tank

 

BEIJING (tandaseru) –  China sedang mengembangkan bom bunuh diri yang dapat bekerja dalam formasi kelompok (Swarm drone). Drone-drone mini ini dilepas dengan peluncur berisi 48 tabung yang dipasang pada kendaraan taktis ringan Dongfeng Mengshi versi 6×6.

Video peluncuran kumpulan drone ini telah dirilis oleh Akademi Elektronik dan Teknologi Informasi China (CAEIT), anak perusahaan dari China Electronics Technology Group Corporation (CETC) milik pemerintah China. thedrive.com edisi 14 Oktober 2020 lalu melansir, CAEIT melakukan tes uji seperti dalam video tersebut pada bulan September lalu.

Selain menggunakan peluncur tabung, Di bagian lain dari video demonstrasi itu, drone juga diluncurkan dari udara menggunakan helikopter.

CAEIT tercatat pernah melakukan percobaan swarm drone pada Juni 2017, melibatkan hampir 120 drone. Empat bulan kemudian, CAEIT melakukan eksperimen yang lebih besar lagi dengan 200 drone sayap tetap.

Meski tampilan visual drone yang ada di video tidak jelas, namun para pengamat percaya bahwa drone yang ditunjukkan dalam video tersebut adalah pengembangan dari CH-901, drone yang diluncurkan oleh China Poly Defense pada tahun 2018.

Video uji coba tersebut muncul tak lama setelah pemerintah China meningkatkan latihan militer menggunakan drone bersenjata di Laut China Selatan dan melintasi Selat Taiwan.

Selain China,  Amerika Serikat, Inggris dan Turki juga melakukan uji coba swarm drone untuk dipergunakan sebagai senjata dalam pertempuran.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com