FOKUS

Talkshow Nasional Is Me, Choky Bicara Soal Pancasila!

JAKARTA (tandaseru)Choky Sitohang Bicara Pancasila di Talkshow Nasional Is Me. Mengupas makna Pancasila yang saling berkaitan!

Dalam talkshow Nasional di acara Nasional Is Me Goes to Campus yang diadakan di Universitas Kristen Krida Wacana, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Senin, (10/2).

Choky Sitohang sebagai pembicara saat itu menyampaikan beberapa pemaparan tentang pandangannya mengenai Pancasila dan Nasionalisme itu sendiri.

Choky Sitohang Bicara Pancasila

Menurutnya, Pancasila adalah rumah bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Sebagai rumah, maka setiap masalah yang terjadi, haruslah diselesaikan dari dalam rumah itu sendiri.

“Kalau Pancasila itu adalah rumah kita, bagi saya sederhana, apa yang terjadi dalam rumah harus orang rumah itu sendiri yang urus, kalo ada konflik namanya satu rumah, kita nggak mungkin nyuruh orangtua kita pergi dari rumah atau sebaliknya, jadi semua harus diselesaikan di dalam rumah,” tutur Choky

Tandaseru/AjengTR

Saat ditenya tentang pentingnya sebuah Nasionalisme untuk dimiliki seluruh rakyat Indonesia, Choky pun berkomentar dengan beberapa filosofi.

“Nasionalisme adalah bagian dari karakter yang dikembangkan setiap hari, saat perkembangan zaman semakin maju dan teman kalian punya handphone keluaran terbaru, padahal kalian sudah punya handphone yang terbilang baru juga, tanpa Nasionalisme mungkin kalian berpikir dia adalah musuh.” ungkapnya

Choky pun menjelaskan, jika seseorang tak memiliki Nasionalisme, dan tidak paham bahwa rakyat Indonesia itu harus cinta pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka isu apapun yang berkembang akan buat gesekan dengan siapapun.

“Apapun profesi kamu, status ekonomi kamu, agama kamu, kita harus cinta pada Tanah Air, itu jawaban saya!” tambah Choky bersemangat

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id