FOKUS

Ciptakan Kamtibmas Aman Jelang Pilkada, Kapolda Gorontalo Tinjau Keamanan Perbatasan

GORONTALO (tandaseru) – Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.Ik., M.Si., MM guna mempersiapkan Kondisi Kamtibmas Aman dan Kondusif menjelang Pilkada Serentak 2020 meninjau perbatasan Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (3/12).

Penekanan Kapolda Wiyagus kepada Kapolres Bone Bolango Akbp Suka Irawanto SIK.,M.Si dan Kapolsek Bone Ipda Safei agar maksimal mengamankan perbatasan dari berbagai ancaman gangguan Kamtibmas terutama peredaran minuman keras Cap Tikus yang berasal dari Sulawesi Utara.

“Optimalkan razia setiap kendaraan yang masuk ke wilayah Propinsi Gorontalo karena disinyalir masih ada oknum masyarakat yang sengaja memasukkan Cap tikus asal Sulawesi Utara melalui jalur Bone Pesisir, jangan kendor memerangi minuman keras,karena terbukti akibat miras berdampak pada terjadinya kasus penganiayaan,” kata Wiyagus.

Selanjutnya Wiyagus berpesan agar Polres Bone Bolango khususnya Polsek Bone mempersiapkan kondisi Kamtibmas jelang pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020.
“Pastikan kondisi Kamtibmas aman dan kondusif,ibarat permaian bola saat ini adalah injury time, terus lakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu serta bangun sinergi dengan TNI agar pelaksanakan pemungutan suara berjalan aman, lancar dan sukses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,”pesan Wiyagus.

Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan kerawanan dan juga membuat pola pengamanan pemungutan suara di TPS-TPS di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

“Ijin Jenderal, wilayah Kecamatan Bone terdiri dari 13 desa, jumlah pemilih sebanyak 6.771 orang tersebar di 25 TPS, untuk pola pengamanan sudah kami siapkan dengan pola 2 Polisi, 4 TPS dan 8 Linmas, kami juga menunjuk perwira pengawas di setiap kecamatan saat pelaksanaan pemungutan suara,selain itu kami beserta seluruh jajaran Polsek terus melakukan antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas jelang pemungutan suara dengan melakukan kegiatan-kegiatan preemtif, preventif dan represif,” ujar Suka.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK terkait kegiatan Kapolda Wiyagus mengecek perbatasan menjelaskan bahwa pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada dalam kondisi siap kondisi Kamtibmas.

“Dalam pelaksanaan operasi Mantap Praja 2020 guna pengamanan Pilkada Serentak 2020 dikenal yang namanya sapta siap yang terdiri dari Siap Piranti Lunak dan Posko, Siap Personel, Siap Anggaran, Siap Sarana Prasarana, Siap Latpraops, Siap Masyarakat,dan Siap Kondisi Kamtibmas.Kegiatan Kapolda Gorontalo melakukan pengecekan ke perbatasan Bone ini adalah untuk mengimplementasikan hal itu yakni menyiapkan kondisi Kamtibmas. Kami berharap masyarakat turut andil dalam mensukseskan Pilkada, tidak Golput, tetap menjaga kerukunan, dan patuh terhadap protokol kesehatan,” ujar Wahyu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com