FOKUS

Ciri Daging Ayam Tiren yang Mudah Dikenali Menurut Ahli Kesehatan

JAKARTA (tandaseru) – Tingginya permintaan daging ayam terkadang bisa membuat sejumlah pihak melakukan tindakan tidak terpuji, seperti dengan menjual ayam tiren dengan harga yang lebih murah. Oleh sebab itu, masyarakat wajib mengetahui ciri-ciri daging ayam tiren.

Tiren merupakan singkatan dari “mati kemarin”. Istilah ayam tiren merujuk pada ayam yang tidak layak dikonsumsi karena ayam tersebut sudah mati sebelum disembelih.

Apabila ayam yang dikonsumsi tidak segar, maka justru akan meracuni tubuh. Pasalnya, sudah banyak kasus keracunan yang timbul akibat konsumsi ayam tiren.

Maka dari itu, penting bagi kita mewaspadai hal tersebut. Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri ayam tiren?

Menurut Ahli Kesehatan Masyarakayat Veteriner dari IPB, Dr.drh. Denny Lukman, M.Si. Dalam virtual conference JAPFA  bertajuk ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan Hoaks’, diungkapkan tips mengetahui daging ayam tiren dengan ciri-ciri di bawah ini.

Ciri-ciri Daging Ayam Tiren yang Mudah Dikenali Menurut Ahli Kesehatan

Warna sayap ayam

Perlu Anda ketahui, terdapat perbedaan antara warna daging ayam segar dan daging ayam tiren. Pada ayam tiren, warna daging akan terlihat kuning tidak wajar.

Dijelaskan juga bahwa pada ayam tiren, pembuluh darah pada pangkal sayap berwarna biru kehitaman karena berisi darah.

Pembuluh darah di kulit ayam berwarna kehitaman

Ciri-ciri dari ayam tiren, kata Denny,  pembuluh darah kapiler pada ayam tiren terlihat jelas merah kehitaman pada daging.

Hal ini bisa jelas terlihat terutama di potongan saluran nafas (trakea), saluran makan (esofagus) dan pembuluh darah terisi darah hingga berwarna kehitaman.

Oleh karena itu, Denny menjelaskan untuk membeli daging ayam di kios resmi serta pilih daging ayam yang telah mendapat sertifikat NKV (Nomor Kontrol Veteriner), karena telah dijamin higienitas dan sanitasinya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com