FOKUS

Corona di AS Terus Naik, Trump Makin Kencang Salahkan China

NEW YORK (Tandaseru) – Presiden AS Donald Trump makin tak keruan menuding China setelah ribuan kasus baru Covid-19 terus bertambah tiap harinya di Amerika Serikat.

Donald Trump kembali menyindir keras China yang diklaim penyebab pandemi.

“Kerusakan luar biasa yang terjadi di AS, saya menjadi semakin marah pada China. Orang bisa melihatnya, dan saya merasakannya!” ujar Donald Trump di akun @realDonaldTrump, Rabu (1/7).

Sindiran Trump bukan kali pertama. Pada tanggal 6 Juni lalu, Trump menyebut Covid-19 merupakan “kado terburuk” dari China untuk AS.

“Bagaimana (Covid-19) bisa keluar, ke Eropa, ke dunia, ke Amerika Serikat. Mereka bisa menghentikannya dengan dingin di China tapi tidak dengan di dunia,” ujar dia saat itu.

Pandemi Covid-19 sejak Januari lalu membuat hubungan AS dan China semakin memanas. Trump telah mengancam akan memberikan sanksi kepada China dan mencabut status perdagangan khusus AS dengan Hong Kong karena masalah ini.

Sementara itu, organisasi kesehatan dunia (WHO) dikabarkan menerjunkan tim ke China untuk menggelar investigasi atas wabah yang bermula di Kota Wuhan, Provinsi Hubei tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait