FOKUS

Daftar Relawan Covid-19! Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan Tenaga Medis

JAKARTA (tandaseru) – Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19, Andre Rahardian memanggil relawan tenaga medis mulai dari dokter, perawat, hingga mahasiswa untuk bersama-sama membantu penanganan Covid-19.

“BNPB menerima pendaftaran sekitar 1.500 terutama dokter spesialis paru, anestesi dan juga 6 pranata labolatorium, 2.500 perawat, untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19, serta administrasi rumah sakit hingga sopir ambulans,” ujar Andre dalam keterangan pers di Graha BNPB Jakarta, Kamis (26/3).

Dia juga mengatakan bahwa mahasiswa tingkat akhir yang belajar di bidang ilmu terkait boleh ikut serta sebagai relawan penanganan Covid-19. Nantinya, para mahasiswa fokus bertugas dalam fungsi pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Selain tenaga medis, BNPB juga menerima relawan untuk persiapan tugas-tugas lain yang bekerja sama dengan banyak asosiasi, LSM perguruan tinggi, dan bersama-sama mengajak semua elemen untuk bergabung menjadi relawan.

(tandaseru.id/Dimas)

Cara daftar relawan Covid-19

BNPB membuka pendaftaran untuk ikut bersama-sama menjadi bagian tim relawan tenaga medis Covid-19, yang dapat diakses melalui situs deskrelawanp.np.go.id/covid-19.

Pada laman tersebut, Anda dapat “Klik Daftar Relawan Covid-19” yang ditampilkan dalam sebuah kotak besar berwarna merah, lalu Anda akan diarahkan menuju halaman formulir pendaftaran yang harus diisi secara online.

Perlu diketahui, BNPB juga memiliki tiga syarat yang harus dipeuhi untuk menjadi relawan tenaga medis Covid-19, yakni bersedia melakukan secara sukarela dan bersedia menerima pelatihan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Terakhir bersedia bekerja dengan sistem shift sesuai dengan standar Gugus Tugas Covid-19.

“Mudah-mudahan gugus tugas percepatan penanganan konflik ini bisa mendapat support dari semua warga negara Indonesia menjadi pejuang kemanusiaan,” ujar Andre.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait