FOKUS

Dana Desa Segera Dicairkan, Mendagri: Kepala Desa Tuntaskan APBDes

PALEMBANG (tandaseru) Menteri Dalam Negeri Prof. H. M Tito Karnavian Ph.D meminta kepala desa di Indonesia segera menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja desa agar dana desa segera dapat dicairkan guna mengantisipasi dampak virus corona (Covid-19).

“Dari 40 persen dana desa (Rp28,8 triliun) yang seharusnya sudah dicairkan pada tahap awal, baru 40 persennya yang sudah tersalurkan hingga saat ini,” kata Tito Karnavian usai melakukan rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (21/3).

Tito mengatakan lambannya pencairan dana desa bukan kesalahan pemerintah pusat. Belum tuntasnya anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dibahas oleh kepala desa dengan badan musyawarah desa  membuat camat belum dapat melakukan review. 

Tito menegaskan pencairan dana desa sudah lebih cepat dengan cara transfer langsung ke rekening desa jika laporan telah diterima. Tahun ini pemerintah menggelontorkan dana desa dengan total Rp72 triliun.

Dana desa merupakan alat pertahanan desa, kata Tito, terutama dalam menghadapi dampak-dampak Covid-19 yang tengah menjadi pandemi di dunia dan mendatangkan tekanan ekonomi saat ini. Menurut dia, salah satu yang akan terdampak dari perlambatan ekonomi akibat virus corona adalah pedesaan. Penyaluran dana desa sebagai upaya membangkitkan ketahanan ekonomi desa.

Tito meminta perangkat desa proaktif mengantisipasi penularannya  dengan melaksanakan imbauan pemerintah pusat seperti melakukan social distancing, penyediaan fasilitas pencegahan dan rapid test Covid-19 yang segera dilaksanakan gugus tugas masing-masing daerah.

Rapid test dibagikan melalui Gugus Tugas dengan menggerakan jaringan pemerintah daerah, TNI, Polri sampai ke desa-desa bahkan ke tingkat keluarga,” kata Tito.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait