FOKUS

Demo di Depan Mabes Polri, DPP Pekat IB Desak Penjarakan Tommy Sumardi dan Irjen Napoleon soal Kasus Djoko Tjandra

JAKARTA (tandaseru) – Anggota DPP Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB), KNPI dan 12 ormas menggelar unjuk rasa di depan gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan untuk mendesak Polri agar segera memenjarakan pengusaha Tommy Sumardi pada Jumat (4/9).

Diketahui, Tommy Sumardi telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemberi suap untuk menghapus nama terpidana Djoko Tjandra dari red notice saat menjadi buronan. Hingga kini, belum dilakukan penahanan terhadap Tommy dan penerima suap Irjen Pol Napoleon Bonaparte.

“Kami desak Kapolri agar segera tahan tersangka TS lagi demi tegaknya hukum dan keadilan di negeri ini, hukum jangan tebang pilih, apalagi kami duga kuat Tommy Sumardi alias TS inilah otak lolosnya tersangka Djoko Candra ke luar negeri karena dihapusnya Red Notice di Kepolisian,” kata Koordinator Aksi Lisman Hasibuan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (4/9).

Lisman meminta kepada Polri untuk bisa tegas dalam menegakkan hukum di Indonesia dengan menindak semua orang pelaku tindak pidana agar baik itu pengusahan maupun Jenderal Polri sekalipun agar tidak ada lagi kasus serupa terjadi.

“Makanya kita desak Kapolri tahan dan tangkap Tommy Sumardi (TS) segera agar terbuka kotak ‘Pandora’ di negeri ini, kami meyakini kuat dugaan jika TS ini ditahan akan banyak kasus kasus lain yang bisa menjerat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (SMP), Anshar Ilo menyampaikan orasi akan meminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk mencopot Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis atas tuduhan melindungi kedua tersangka yang hingga kini belum ditahan.

“Jika Pak Kapolri tidak segera menahan kedua tersangka kasus red notice Djoko Tjandra ini, maka kami pastikan kami akan terus bergerak bahkan akan meminta Pak Jokowi copot Kapolri karena diduga kuat ikut konspirasi melindungi kedua orang ini,” jelasnya.

Selain DPP PEKAT IB, hadir juga anggota DPP KNPI, DPP Bangkit Pemuda Indonesia (BPI), Pemuda Pelopor Kedaulatan Bangsa (PPKB), DPP Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kamtibmas (PPMK), Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI), Koalisi Masyarakat Anti Korupsi (KOMPAK), DPP Solidaritas Merah Putih (SMP) dan Lembaga Informasi Masyarakat (LIM), Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (KAMPI).

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait