FOKUS

Demo Omnibus Law Berjalan Damai, Massa Mahasiswa dan Buruh Bubarkan Diri

JAKARTA (tandaseru) – Massa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang melakukan aksi untuk menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja telah membubarkan diri setelah hujan deras mengguyur.

Demo itu dilakukan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Jumat (16/10). Para mahasiswa membubarkan diri dengan cara longmarch ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan sambil menyanyikan mars mahasiswa.

Namun, setelah membubarkan diri, massa aksi dari buruh kembali datang dengan membentangkan “Batalkan UU Omnibus Law atau Jokowi Mundur” ke kawasan tersebut sambil diguyur hujan.

Mereka memprotes keras soal UU Omnibus Law Cipta Kerja yang dituding membuat kaum buruh di daerah merasa dirugikan.

Dalam aksinya, mereka yang tergabung dalam aliansi PPMI ini juga membawa keranda mayat yang ditaruh di depan mereka yang melaksanakan aksi unjuk rasa.

“DPR itu Dewan Penghianat Rakyat,” ucap orator aksi

Namun, aksi tersebut tidak berlangsung lama, para demonstran balik kanan untuk ke rumahnya masing-masing.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan kembali turun ke jalan untuk demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat (16/10).

Hal ini diketahui dengan tersebarnya poster “seruan aksi #Cabutomnibuslaw bertamu ke Istana Rakyat”. Dalam aksinya, massa dari mahasiswa yang turun akan lebih banyak dari unjuk rasa sebelumnya.

Diketahui, Pada 8 Oktober 2020, mahasiswa dan buruh di berbagai kota di Instagram turun ke jalan. Di Jakarta, massa dari BEM SI mendatangi Istana Merdeka. Unjuk rasa berujung kerusuhan di sejumlah titik. Polda Metro Jaya dan jajarannya menangkap lebih dari seribu orang.

Aksi menuntut pencabutan UU Cipta Kerja juga terus berlanjut. Pada Senin, 12 Oktober 2020, massa dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Keesokan harinya, giliran massa dari Persaudaraan Alumni 212 yang berdemonstrasi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait