FOKUS

Demokrat Ungkap Alasan Tak Kirim Utusan ke Panja Jiwasraya

JAKARTA (tandaseru) – Komisi VI DPR diketahui telah membentuk panitia kerja (panja) Jiwasraya. Namun demikian Partai Demokrat belum mengutus anggotanya masuk dalam panja tersebut.

Demokrat mengklaim punya alasan jelas. Wakil Ketua Partai Demokrat, Syarief Hasan menegaskan Demokrat tetap ingin agar DPR membentuk panita khusus (pansus).

“Demokrat maunya pansus,” kata Syarief kepada wartawan, kemarin.

Ia mengatakan bahwa Demokrat tengah mengupayakan agar DPR membentuk pansus. Namun, ia menyadari jumlah anggota Demokrat yang tidak terlalu banyak.

“Secara politis koalisi pemerintah lebih kuat. Tapi kita lihatlah,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR tersebut menambahkan pihaknya menilai pembentukan panja tidak terlalu kuat. Menurutnya, panja tidak bisa mengeluarkan hak menyatakan pendapat, melainkan hanya rekomendasi.

“Kalau panja kalau ingin memanggil dalam rapat kerja tidak ada konsekuensi hukumnya, tidak wajib. Sementara, pansus wajib hadir bila dipanggil. Kalau tidak mau, aparat berhak menghadirkan,” jelasnya.

Sebelumnya, komisi VI DPR mengumumkan nama-nama anggota panja Jiwasraya. Dari nama tersebut tidak ada anggota fraksi Partai Demokrat di dalam panja tersebut.

“Kita masih menunggu nama-nama dari fraksi Partai Demokrat,” kata Wakil Ketua Komisi VI, Martin Manurung, Selasa (21/1).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait