FOKUS

Desa Kembang Kuning Raih Juara Pertama Lomba Kampung Sehat NTB

MATARAM (tandaseru) – Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru, yang digelar oleh Polda NTB telah usai dan mencapai puncaknya. Lomba yang digelar sejak 19 Juni hingga 9 November 2020 itu diikuti 995 desa dan 143 kelurahan di NTB.

Dari ratusan desa yang menjadi peserta, Deda Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur dinobatkan menjadi juara lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru itu, Senin (9/11).

Desa Kembang Kuning terpilih sebagai pemenang karena dinilai telah mengimplementasikan sebuah sistem yang dapat menghidupkan roda perekonomian warga secara mandiri.

Masyarakat Desa Kembang Kuning juga konsisten menerapkan pola pengamanan dan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sedangkan jura kedua diraih Desa Pernek, Kabupaten Sumbawa, dan juara ketiga Desa Mur, Kabupaten Sumbawa Barat.

Pemenang atau juara lomba kampung sehat NTB itu mendapatkan piala kapolri, piagam, dan uang pembinaan mulai dari Rp50 juta untuk juara pertama, Rp30 juta (juara II) dan Rp20 juta (Juara III).

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, program lomba Kampung Sehat NTB merupakan sebuah gagasan yang sangat luar biasa.

“Program ini merupakan implementasi kebijakan Kapolri dalam mengatasi dampak Covid-19. Gagasan ini merupakan bentuk dukungan yang sangat luar biasa dari Kapolda NTB,” kata Komjen Pol Agus Andrianto dalam sambutan acara “Kampung Sehat” Awards NTB di Senggigi, Senin (9/11).

Komjen Pol Agus juga mengapresiasi kerja sama tingkat daerah yang dibangun dengan pihak pemerintah dan juga TNI. Kerja sama dalam pelaksanaan program ini, kata dia, menjadi indikator keberhasilannya.

“Jadi dapat dikatakan kalau program ini tidak akan terwujud tanpa dukungan seluruh pihak di luar Polri, mulai dari Gubernur NTB, Danrem 162/Wira Bhakti, dan seluruh jajarannya hingga ke tingkat desa dan kelurahan,” ujarnya.

Kabaharkam juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah beserta seluruh perangkat daerah dan Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani yang telah membantu kelancaran dari kegiatan ini.

“Karena berkat dukungan dan partisipasi seluruh pihak, masyarakat tidak hanya menangkal virus ini dari pola kesehatan saja, tapi juga mampu menjaga roda perekonomian di tengah pandemi,” tandasnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com