FOKUS

Diduga Pungli e-KTP, Polres Jember Periksa Kepala Dinas Dukcapil

Tandaseru – Dugaan adanya pungutan liar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyeret nama pimpinannya beserta beberapa staf di Dinas tersebut.

“Selain Kepala Dinas Sri Wahyuni, kami memeriksa beberapa stafnya dan beberapa saksi lain untuk dimintai keterangan,” kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Jumat (2/11).

Dalam kasus ini, kata AKBP Kusworo, polisi sudah mengantungi barang bukti uang sebesar Rp10 juta yang disetorkan kepada oknum pegawai negeri sipil Disdukcapil Jember. Pungli diduga terjadi ketika warga mengurus e-KTP.

“Warga yang antre berhari-hari diberi tawaran, jika ingin cepat lewat orang tertentu dan dengan sejumlah biaya, sekitar Rp100 ribu per e-KTP. Oknum nakal itu mendapat keuntungan sangat besar,” ujarnya.

Setelah mendapatkan informasi soal pungli tersebut, polisi langsung bergerak ke kantor Disdukcapil dan melakukan pemeriksaan dikator tersebut.

Menanggapi kasus itu, Bupati Jember Faida mengatakan belum akan mengganti Kepala Disdukcapil Jember.

“Kita tunggu dulu info resmi dari pihak Polres, baru kita mengambil tindakan. Kita hargai tindakan yang dilakukan oleh Polres dengan praduga tak bersalah,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com