FOKUS

Digugat Warga DKI Korban Banjir, Ini Respons Sekda Saefullah

JAKARTA (Tandaseru) – Sekretaris Daerah (DKI) Jakarta Saefullah menegaskan Pemprov DKI Jakarta telah merespons cepat dan bekerja secara optimal dalam bencana banjir pada awal 2020 yang melanda ibu kota.

“Dipimpin Pak Gubernur, kami merespons bencana ini dengan waktu yang sangat singkat, cepat,” kata Saefullah kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/1).

Hal tersebut disampaikan Saefullah merespons sedikitnya 243 warga yang menggugat Gubernur Anies Baswedan senilai Rp42 miliar karena gagal mengantisipasi dan menanggulangi banjir Jakarta.

Saefullah menambahkan, saat kejadian banjir, petugas langsung menjalankan tugas masing-masing dalam menangani banjir. Saluran air yang tergenang saat ini telah bebas genangan.

Saefullah juga menyatakan saat banjir pada 1 Januari 2020 sejumlah titik dulunya banjir pun tidak terendam. Bahkan sejumlah underpass yang tergenang sudah dapat digunakan kembali.

Sebelumnya, perwakilan kelompok masyarakat korban banjir Jakarta 2020 mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan itu ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tim advokasi banjir Azas Tigor Nainggolan mengatakan, dalam musibah banjir Jakarta pada Rabu 1 Januari 2020, ada indikasi Gubernur Anies melanggar hukum karena tidak adanya peringatan dini kepada warganya akan datang banjir.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait