FOKUS

Dikritik soal Vaksin Corona, Rusia: Banyak yang Iri

MOSKOW (Tandaseru) – Rusia merespons derasnya kritik terhadap vaksin Covid-19, Sputnik V hanya karena rasa iri dan ketakutan.

Rusia mengatakan banyak kritik tidak berdasar dan disebabkan oleh ketakutan akan persaingan yang sehat.

“Melihat keunggulan obat Rusia, kini banyak negara mencoba mengutarakan beberapa pendapat, yang menurut kami sama sekali tidak berdasar,” ucap Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko.

Murashko mengatakan bahwa platform vaksin sebelumnya digunakan untuk memproduksi obat-obatan dan menggarisbawahi itu adalah cara teraman, dipilih setelah beberapa uji coba.

Sebelumnya, para pakar kesehatan global khawatir dengan pengumuman Rusia yang akan menyetujui vaksin Covid-19 setelah kurang dari dua bulan tes manusia.

Menurut para pakar, tanpa data tes penuh, vaksin itu sulit dipercaya. Bermaksud menjadi yang pertama dalam perlombaan global pengembangan vaksin Covid-19, Rusia belum melakukan tes skala besar yang akan memberi data apakah vaksin itu bekerja atau tidak.

“Rusia penting untuk melakukan eksperimen populasi yang besar,” papar Ayfer Ali, pakar riset obat di Warwick Business School, Inggris.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com