FOKUS

Dinyatakan Lengkap, Enam Tersangka Kasus Pengibaran Bendera Bintang Kejora ke Kejari Jakpus

Tandaseru – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah menyerahkan enam tersangka dan barang bukti kasus pengibaran bendera Bintang Kejora ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat pada Senin (18/11).

Penyerahan ini dilakukan dari Kejaksaan Tinggi DKI lantaran berkas perkara keenam tersangka lengkap alias P21 pada 13 November 2019. Sementara itu, berkas perkara tersebut telah dilimpahkan ke Kejati DKI pada 18 September lalu.

“Iya benar, berkas perkara dinyatakan lengkap. Hari ini, keenam tersangka diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto saat dikonfirmasi, Senin (18/11).

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Dwiasi Wiyatputera menyatakan keenam tersangka dalam kondisi sehat saat diserahkan ke Kejari Jakpus.

Polisi juga mengawal penyerahan keenam tersangka dari Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok menuju Kejari Jakarta Pusat.

“Tim kawal tahanan sudah berangkat dari Polda Metro Jaya ke (Rutan) Mako Brimob. Nanti akan bersama-sama ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat untuk menyerahkan tahanan,” ujar Dwiasi.

Sebelumnya diketahui, polisi telah menetapkan enam tersangka terkait pengibaran bendera Bintang Kejora saat aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta pada 28 Agustus lalu.

Salah satu tersangka adalah Juru Bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Paulus Suryanta Ginting (PSG).

Keenam tersangka dijerat pasal makar sebagaimana tercantum dalam Pasal 106 dan 110 KUHP. Saat ini, keenam tersangka ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait